Friday, August 3, 2012

Kumbang Menari Setelah Mendapat Makanan

Kumbang Menari Setelah Mendapat Makanan
Penulis : Yunanto Wiji Utomo

Emily Baird Kumbang Kotoran. 
 
Jenis kumbang kotoran punya perilaku unik. Setelah mengambil beberapa substansi penting dalam kotoran hewan, mereka melakukan sedikit tarian sebelum akhirnya terbang.

Namun, jangan dibayangkan bahwa tarian dilakukan untuk merayakan perolehan makanan. Dilaporkan dalam jurnal PLoS ONE, kumbang kotoran menari agar secepatnya bisa melarikan diri.

Emily Baird, peneliti dari Lund University di Swedia yang melakukan riset kumbang ini, mengatakan, kumbang harus langsung pergi agar hasil buruannya tak diambil kumbang lain.

"Dan ini dalam lintasan lurus," kata Baird yang meneliti perilaku kumbang kotoran di Afrika Selatan, seperti dikutip New York Times, Senin (23/1/2012).

Baird mengungkapkan bahwa tarian dan putaran yang dilakukan kumbang bukanlah sekadar iseng. Si kumbang seolah tengah membaca arah berdasarkan "data" di langit.

"Sepertinya mereka melihat isyarat atau citra Matahari di langit," ujar Baird.

Kumbang punya empat mata. Jadi, ketika mereka berputar, mata akan terus mengawasi langit untuk membantu menentukan arah.

Baird akan melanjutkan penelitiannya untuk mengetahui isyarat apakah yang dibaca kumbang untuk menentukan arah.

"Bisa saja bahwa pada waktu berbeda di satu hari, hal yang berbeda yang dilihat. Mungkin saja pola polarisasi cahaya di langit saat pagi hari dan posisi Matahari pada siang hari," tutur Baird.
 
Sumber :New York Times
Editor :A. Wisnubrata

No comments:

Post a Comment